Rem merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan. Bayangkan saja seandainya kendaraan yang Anda tumpangi tidak memiliki komponen tersebut atau bahkan rusak, maka tentu akan menyebabkan kecelakaan yang cukup fatal hingga menyebabkan kematian.

Berdasarkan siaran pers yang diperoleh dari Daihatsu, Rem pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu Rem yang telah menggunakan fitur ABS (anti-lock Brake System) dan non-ABS. Karena itu, para pengemudi wajib mengenali berbagai fitur keamanan yang disematkan pada mobilnya agar mengetahui cara mengerem yang benar sehingga tidak menimbulkan kecelakaan yang dapat berakibat fatal.

Berikut ini adalah 3 teknik pengereman yang dapat Anda gunakan bagi kendaraan yang menggunakan rem non-ABS atau tanpa fitur ABS, antara lain yaitu:

1. Teknik Treshold

Merupakan salah satu teknik pengereman yang dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sebesar 90% (mengambang) atau dengan kata lain tidak sampai mengunci posisi kendaraan sehingga ban masih dapat dibelokkan dengan mudah.

2. Teknik Stab

Teknik ini adalah teknik pengereman yang bagus dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan drum brake/ tombol dengan cara menekan pedal rem, lepas lalu ditekan kembali secara berulang-ulang dengan cepat hingga membuat kecepatan kendaraan berkurang.

Selain mampu mengurangi kecepatan kendaraan, teknik ini juga berfungsi untuk mencegah ban mengunci. Untuk melakukan pengereman menggunakan teknik Stab, dibutuhkan latihan dengan didampingi oleh orang yang ahli dan terbiasa menggunakan teknik ini (expert).

3. Teknik Squeeze

Pengereman menggunakan teknik Squeeze hampir sama dengan pengereman menggunakan teknik Stab, dimana Anda perlu menekan pedal rem, lepas lalu menekannya kembali secara berulang-ulang namun dilakukan secara perlahan-lahan.